3 Langkah Menggunakan Google Adwords Untuk Bisnis

karena bingung posting apa, ane mau share sedikit pengalaman ane menggunakan Google Adwords untuk meledakkan penjualan bisnis-bisnismu, dari yang awalnya bisnis berhenti dan kesulitan mendapatkan traffic, hingga bisa mendapatkan customer dengan mudah dari indonesia maupun seluruh dunia.

Di internet, traffic merupakan faktor kunci keberhasilan bisnis kita. Dan salah satu cara mendatangkan traffic adalah dengan Google Adwords. Tak seperti yang lainnya, Google Adwords mampu mendatangkan traffic yang tertarget, artinya orang-orang yang memang membutuhkan produk/jasa kita. Dengan menargetkan orang-orang yang sedang butuh, maka kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin besar.

Berikut 3 langkah meledakkan penjualan dengan Google Adwords :

LANGKAH PERTAMA : RISET KATA KUNCI
Sebelum memulai membuat iklan di Google, langkah pertama yang paling penting adalah melakukan riset kata kunci atau keywords planner. Melakukan riset kata kunci berarti mencari tahu kata kunci apa saja yang sedang dicari orang di Google yang berkaitan dengan produk/jasa yang kita jual.

Misal kita punya bisnis jualan sepeda motor maka kata kunci yang dibuat adalah “jual sepeda motor”,”jual sepeda motor murah”,”jual sepeda motor bekas”, dan lain lain. dengan kata kunci seperti itu maka berhubungan dengan apa yang kita jual, jangan sampai memakai kata kunci seperti “sewa sepeda motor” karena kita tidak menyewakan motor tapi menjualnya.
Setelah semua kata kunci terkumpul, lanjut dengan membuat iklan.

LANGKAH KEDUA : MEMBUAT IKLAN
Saat membuat iklan, buatlah iklan yang menarik dengan memasukkan kata-kata promosi, seperti “Diskon 50% pembelian pertama”, “Beli 1 Gratis 1”, “Beli Hari Ini Gratis helm”, dan sejenisnya.

Semakin menarik iklannya, semakin besar kemungkinan orang mengklik iklan kita. Dan semakin banyak orang yang mengklik iklan kita, semakin besar peluang orang beli produk kita, betul atau betul atau benar??
Setelah iklan selesai dibuat, lanjut ke tahap terakhir, yaitu optimasi iklan.

LANGKAH KETIGA : OPTIMASI IKLAN
Dengan melakukan optimasi, maka iklan kita akan bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain yang juga pasang iklan disana, sehingga iklan kita lah yang lebih sering tayang dibandingkan mereka.

Optimasi iklan berarti memilih kota-kota yang menjadi target market utama. Misal kita ingin menjual produk kita ke seluruh Indonesia, dan kita punya beberapa kota yang menjadi pasar utama (yang daya belinya tinggi atau calon pembelinya banyak), misal kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, Yogyakarta, dan lain lain. Maka khusus untuk kota-kota itu dioptimasi dengan menaikkan nilai harga per kliknya, yang tadinya misal harganya Rp 1500 / klik, dinaikkan menjadi Rp 3000 / klik. Sehingga ketika ada calon konsumen dari lokasi tersebut mencari produk yang kita jual di Google, maka bisnis kitalah yang diutamakan muncul dan posisinya lebih tinggi dibandingkan punya kompetitor.

Nah itulah 3 langkah untuk meledakkan penjualan dengan Google Adwords… Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk bisnisnya masing-masing.